Aksi Sinergi Literasi

Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Aksi Sinergi Literasi dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaen Ciamis yang ke 377 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2019 di Alun-alun dan Dispusipda Ciamis.

Puluhan komunitas literasi Ciamis yang terdiri dari TBM, Perpusdes, komunitas literasi, mahasiswa ikut berkumpul, bersilaturahmi dan bersinergi untuk mewujudkan Kabupaten Ciamis yang literat. Acara ini dihadiri oleh Ibu Bupati Ciamis Hj. Kania Herdiat sekaligus sebagai bunda literasi Ciamis, ibu wakil bupati Ciamis, plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Ciamis, Dinas Pendidikan, budayawan serta pegiat literasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama pegiat literasi, acara ini dibagi pada dua sesi. Sesi pertama diaksanakan sore hari di Alun-alun Ciamis diawali dengan penyampaian sambutan dari plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah serta penampilan pembacaan sajak oleh budayawan Ciamis kang Godi Suwarna. Dilanjutkan dengan membaca serentak seluruh peserta yang hadir dikegiatan tersebut dan diakhiri dengan aksi tanda tangan dukungan sinergi literasi menjadi moment kemeriahan acara.

Sesi yang kedua dilaksanakan pada malam hari, dengan menu kegiatan bedah buku dan saresehan literasi bertempat di Aula Dispusipda Kabupaten Ciamis yang dihadiri oleh pegiat literasi.

Kegiatan ini berharap menjadi jembatan para pegiat literasi Ciamis untuk membudayakan membaca, mendekatkan bahan bacaan (buku) kepada masyarakat sehingga tercipta kabupaten Ciamis yang literat.

Apep Gober/Pengurus FTBM Ciamis