KEMAH LITERASI PENUH INSPIRASI DAN KONSUMSI TAK PERNAH HENTI

Makanan adalah kebutuhan utama manusia. Oleh karena itu, makanan penting peranannya untuk pertumbuhan serta pola pikir manusia. Selain itu makanan juga memiliki nilai rasa yang  khas dari tangan kreator (koki).

Rasa menjadi penting perannanya dalam setiap masakan (makanan) yang kita santap. Rasa pada mulanya dalam dunia kuliner hanya terdapat asam, manis, asin, serta pahit. Kemudian kekinian ditemukan rasa baru yaitu gurih.

Citra Rasa Kemah Literasi

Kemah Literasi FTBM Jawa Barat 2019 ini tidak akan sukses apabila tidak ada tim konsumsi yang super solid. Mereka tidak pernah berhenti memasak selama 3 hari 2 malam untuk memenuhi kebutuhan peserta Kemah Literasi.

Tim konsumsi (tim dapur) yang dikomandoi oleh Pak Kiki (ketua FTBM Kab. Bandung Barat), Ibu Sri (Istri Pak Kiki), Ibu Santi (Sekretaris FTBM Jawa Barat), Ibu Nonih (Ketua FTBM Kota Bandung), serta ditemani oleh Mang Dede. Komposisi juru dapur tidak sembarangan, 2 orang ketua FTBM,  1 orang sekretaris FTBM. Mereka semua adalah koki senior. Citra rasa dari masakan mereka sudah tidak diragukan lagi.

Masakan-masakan yang dibuat oleh tim konsumsi sebenarnya 60 % masakan Sunda kontemporer. Makanan-makanan ini tidak kalah dari menu hotel bintang 5. Dari mulai mie kocok, karedok, ikan asin, nasi goreng, hingga rendang. Belum menu sarapan serta minuman.

Masakan-masakan sunda kontemporer ini ditampilkan tidak lain untuk mengenalkan citra rasa sunda pada peserta yang bukan dari Provinsi Jawa Barat.

Selain makanan utama yang dibuat oleh tim konsumsi, ada pula tahu Sumedang. Tahu sumedang ini sengaja didatangkan oleh Pemda Sumedang untuk mengenalkan makanan khas Sumedang pada peserta Kemah. Kemudian ada pula kopi Manglayang, gula aren, dll.

Dalam Kemah Literasi FTBM Jawa Barat 2019 ini, peserta sangat dimanjakan oleh tim konsumsi. Bahkan ada beberapa kawan yang memberi komentar positif untuk tim konsumsi “Anda kenyang kami senang” Aris Munandar. Kemudian ada pula dari Kang Rohman “Kemah literasi penuh inspirasi dan konsumsi tak pernah henti”

Salut untuk tim konsumsi. Sukses untuk kemah literasi. (HMK)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.